Macam-macamSenam
Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpa memakai pakaian.

Bermacam-Macam Senam

Sedangkan Gymnasium adalah sebuahtempat yang dipergunakan untuk mengadakan latihan senam. Pada zaman itu Gymnastik diperbuat dalam rangka upacara-upacara kepercayaan yaitu guna menyembah dewa Zeus.

  1. Senam Lantai
    Jenis senam lantai
    Senam lantai pada umumnya disebut floor exercise, namun ada juga yang menamakan tumbling. Senam lantai adalah latihan senam yang diperbuat pada matras, unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan, alias kaki untuk mempertahankan sikap sebanding alias pada saat meloncat ke depan alias belakang. Tipe senam ini juga disebut latihan leluasa sebab pada waktu meperbuat gerakan pesenam tak mempergunakan sebuahperalatan khusus. Bila pesenam mengangkat alat berupa bola, pita, alias alat lain, itu hanyalah alat untuk meningkatkan manfaat gerakan kelentukan, pelemasan, kekuatan, ketrampilan, dan keseimbangan Senam lantai diperbuat di atas area seluas 12×12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam. Rangkaian gerakan senam wajib dimulai dari komposisi gerakan ringan, sedang, berat, dan akrobatik, dan mengandung gerakan ketangkasan, keseimbangan, keluwesan, dll. Pesenam pria tanpil dalam waktu 70 detik dan wanita tampil diiringi music dalam waktu 90 detik. Gerkan-gerakan yang menekankan tenaga wajib diperbuat dengan cara lambat dan sikap statis setidak lebih-tidak lebihnya 2 detik. Gerakan-gerakan salto wajib dikerjakan dengan tinggi bahu.
  2. Senam Artistik
    senam tipe artistik
    Lahirnya senam artistik di Indonesia yaitu pada saat menjelang pesta olahraga Ganefo I di Jakarta pada tahun 1963, yang mana setiap artistik adalah salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, untuk ini butuh dibentuk sebuahorganisasi yang bermanfaat menyiapkan para pesenamnya. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia), atas prakarsa dari tokoh-tokoh olahraga se-Indonesia yang menangani dan mempunyai kepandaian pada cabang olahraga senam. Promotornya bisa diketengahkan tokoh-tokoh dari daerah semacam : Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara. Wadah inilah kemudian sudah membina dan menghasilkan atlet-atlet senam yang bisa ditampilkan dalam Ganefo I dan untuk pertama kalinya pula pesenam-pesenam Indonesia menghadapi pertandingan Internasional. Kegiatan selanjutnya adalah mengikut dankan tim senam dalam rangka Konferensi Asia Afrika I dan dalam Ganefo Asia, dimana untuk mempersiapkan atlet-atlet Indonesia ini dipanggil pelatih-pelatih senam dari RRC, maka dengan demikian Indonesia mengalami kemajuan dalam prestasi olahraga senam. Namun sangat disayangkan bahwa andalan yang mulai tumbuh wajib berhenti sementara oleh sebab suasana politik yaitu saat meletusnya G 30 S/PKI, jadi pelatih-pelatih dari RRC wajib dikembalikan ke negaranya.
    Usaha untuk mengejar ketinggalan ini maka pada tahun 1967 dikirim seorang pelatih Indonesia yaitu : Sdr. T. J. Purba ke Jerman Timur untuk sekolah khusus pelatih senam artistik selagi 26 bulan. Kemudian sebagai titik tolak yang kedua adalah dimasukkannya cabang olahraga senam artistik yang pertama kalinya dalam Pekan Olahraga Nasional (PON VII/1969) di Surabaya, dan kemudian untuk sesemakinnya dimasukkan dalam setiap penyelenggaraan PON.
  3. Senam Aerobik
    macam-macam senam
    Aerobik adalah sebuahtutorial latihan untuk mendapatkan oksigen setidak sedikit-tidak sedikitnya. Senam Aerobik adalah olahraga untuk peningkatan kesegaran jasmani bukan olahraga prestasi, bakal namun olahraga preventif yang bisa diperbuat dengan cara masal.
  4. Senam Trampolin
    senam tipe trampolin
    Senam trampolin adalah pengembangan dari sebuahlatihan senam yang diperbuat diatas trampolin, yaitu dengan memakai sejanis pemantul yang mempunyai daya pantul yang sangat besar.
  5. Senam Ritmik
    jenis senam ritmik
    Senam ritmik ini adalah senam yang diperbuat dengan mengikuti tuntunan musik tertentu jadi senam ini bakal menghasilkan gerakan tubuh yang indah, biasanya senam ritmik ini memakai peralatan semacam pita supaya meningkatkan keindahan gerak pesenam.
  6. Senam Akrobatik
    senam tipe akrobatik
    Senam akrobatik ini adalah tipe senam yang sangat mempercayakan kelentukan dan keseimbangan dan mempunyai gerakan yang cepat dan eksplosif, senam ini tak sedikit biasanya mempunyai gerakan-gerakan yang berbahaya semacam salto dan putaran jadi untuk meperbuat senam akrobatik ini sangat dianjurkan didampingi oleh Instruktur senam akrobatik.