Klasifikasi Jenis Serat Otot Kerangka Manusia - Otot kerangka manusia terdiri dari sekumpulan tipe serat otot yang heterogen. 1 - 3 Jenis serat otot ini memungkinkan beragam kemampuan yang diperlihatkan oleh otot manusia. Selain itu, serat otot dapat beradaptasi dengan tuntutan yang berubah dengan mengubah ukuran atau komposisi jenis serat. Plastisitas ini berfungsi sebagai dasar fisiologis untuk berbagai intervensi terapi fisik yang dirancang untuk meningkatkan pengembangan kekuatan atau daya tahan pasien.

Klasifikasi Jenis Serat Otot Kerangka Manusia

Perubahan dalam komposisi Jenis Serat Otot juga dapat sebagian bertanggung jawab atas beberapa gangguan dan kecacatan yang terlihat pada pasien yang didekondisi karena ketidakaktifan yang berkepanjangan, imobilisasi anggota tubuh, atau denervasi otot. Selama beberapa dekade terakhir, jumlah teknik yang tersedia untuk mengklasifikasikan serat otot telah meningkat, menghasilkan beberapa sistem klasifikasi.

Tujuan dari pembaruan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dasar yang diperlukan untuk membaca dan menafsirkan penelitian tentang otot kerangka manusia. Jenis serat otot dapat digambarkan menggunakan karakteristik histokimia, biokimiawi, morfologi, atau fisiologis. Namun, klasifikasi serat otot dengan teknik yang berbeda tidak selalu setuju.

Oleh karena itu, serat otot yang dapat dikelompokkan bersama oleh satu teknik klasifikasi dapat ditempatkan dalam kategori yang berbeda menggunakan teknik klasifikasi yang berbeda. Pemahaman dasar tentang struktur otot dan fisiologi diperlukan untuk memahami teknik klasifikasi serat otot yang ada pada tubuh manusia.

Sekitar setengah dari berat tubuh Anda adalah otot. Dalam sistem otot, jaringan otot dikategorikan menjadi tiga jenis berbeda: kerangka, jantung, dan halus. Setiap jenis jaringan otot dalam tubuh manusia memiliki struktur yang unik dan peran tertentu. Otot rangka menggerakkan tulang dan struktur lainnya.

Otot jantung berkontraksi jantung untuk memompa darah. Jaringan otot polos yang membentuk organ seperti lambung dan kandung kemih berubah bentuk untuk memfasilitasi fungsi tubuh. Serat otot tersusun atas unit-unit fungsional yang disebut sarkoma.

Lalu, Apa Saja Jenis Serat Otot Kerangka Manusia Tersebut?

Tubuh Manusia Memiliki Lebih Dari 600 Otot Kerangka yang Menggerakkan Tulang dan Struktur Lainnya
Otot rangka menempel dan menggerakkan tulang dengan berkontraksi dan rileks sebagai respons terhadap pesan sukarela dari sistem saraf. Jaringan otot rangka terdiri dari sel-sel panjang yang disebut serat otot yang memiliki penampilan lurik. Serat otot diatur menjadi bundel yang dipasok oleh pembuluh darah dan dipersarafi oleh neuron motorik. Seperti otot dada, lengan, bahu, sayap, paha, betis, dll. Jika Anda ingin melihat cara membentuk otot sayap, Anda bisa meng-klik tautan yang telah kami sediakan tersebut!

Dinding Banyak Organ Manusia Terkontrak dan Bersantai Secara Otomatis
Otot polos ditemukan di dinding organ berlubang di seluruh tubuh. Kontraksi otot polos adalah gerakan tak sadar yang dipicu oleh impuls yang berjalan melalui sistem saraf otonom ke jaringan otot polos. Susunan sel dalam jaringan otot polos memungkinkan untuk kontraksi dan relaksasi dengan elastisitas yang besar.

Kontrak Otot Jantung sebagai Respons terhadap Sinyal dari Sistem Konduksi Jantung
Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan. Lapisan tengah, miokardium, bertanggung jawab atas aksi pemompaan jantung. Otot jantung, yang hanya ditemukan di miokardium, berkontraksi sebagai respons terhadap sinyal dari sistem konduksi jantung untuk membuat jantung berdetak.

Nah, jadi itulah dia 3 Jenis Serat Otot kerangka manusia yang telah kami sajikan untuk Anda. Demikianlah pembahasan artikel ini saya buat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, terimakasih.