Kondisi buang air besar sering menjadi permasalahan banyak orang. Hal itu memang sangat mengganggu penderitanya. Akibat penumpukan kotoran yang terlalu banyak, membuat bentuknya jadi besar, padat, dan keras. Situasi tinja yang dua kali lipat dari biasanya ini dapat merobek saluran anus. Anda yang mngalaminya, pasti sedang mencari Cara mengatasi  fisura ani.

Cara Mengatasi  Fisura Ani dengan Mengkonsumsi Makanan Berserat

Medium.com

Fisura ani merupakan keadaan di mana lubang anus robek. Luka terbuka ini terdapat di jaringan pada kulit. Tinja berukuran yang sangat besar itu mengikis dinding kulit, sehingga membuat rasa sakit. Bahkan ada yang sampai mengalami pendarahan dan juga ketegangan yang terjadi pada otot di area tersebut. Akibatnya bisa berbahaya jika tidak segera diatasi dengan benar.

Anda bisa mengkonsumsi makanan yang berserat, hal itu dapat menjadi Cara mengatasi  fisura ani. Simak penjelasannya berikut ini :

·       Sayur
Wortel, selada, labu, bayam, jamur, asparagus, kentang, brokoli, kacang panjang. Beberapa sayuran tadi mengandung serat yang sangat tinggi. Pencernaan anda dapat lancar, jika rajin mengkonsumsinya. Tidak hanya itu saja, terdapat banyak vitamin yang bagus untuk tubuh manusia.

Anda bisa membuatnya menjadi santapan lezat setiap hari, dengan variasi sayur-sayuran. Jadikan makanan ini ada dalam menu sehari-hari anda dan juga keluarga. Masalah sembelit, wasir dan juga fisura ani tidak akan terjadi. 

·       Buah
Pisang, apel, buah jeruk, pir, buah persik, mangga, nangka, sukun, srikaya, dan buah ara. Konsumsi buah tersebut dapat membuat pencernaan anda terjaga dengan baik. Buah-buah tersebut dapat melunakkan tinja yang keras dan juga padat. Hal itu dapat membantu kotoran agar tidak melukai dinding pada anus.

Rajin mengkonsumsi buah-buah yang kaya akan serat akan membebaskan seseorang dari masalah pencernaan. Bukan hanya itu saja. Kandungan gizinya juga sangat membantu tubuh menjadi sehat. Jangan takut untuk membeli buah. Saat pencernaan bermasalah akan membuat biayanya jauh lebih mahal dibandingkan harga buah.

·       Biji Utuh
Roti dengan menggunakan biji-bijian gandum utuh, beras merah, sereal termasuk yang kaya akan serat. Anda bisa memulai hari dengan makan roti dengan biji-bijian utuh atau sereal seperti oatmeal. Makanan tersebut akan membuat pencernaan sehat. BAB anda pun akan lancar.

Anda juga bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah untuk menjadi makanan sehari-hari. Tidak hanya mengandung serat, beras merah juga sangat bagus untuk kesehatan. Nilai gizinya juga cukup tinggi sehingga cocok dikonsumsi jangka panjang. Terutama orang Indonesia bisa mengubah mengubah kebiasaan konsumsinya dengan makan nasi merah.

·       Kacang-Kacangan
Pistachio kacang almond, biji bunga matahari, buncis, kacang merah, kacang hitam, lentil, kacang polong. Siapa sangka rasanya yang enak ini menyimpan kandungan serat yang tinggi. Anda akan terbebas dari masalah susah buang air besar jika rutin mengkonsumsinya.

Kacang-kacang tersebut memang jika ditinjau dari segi harga sangatlah mahal. Apalagi tidak semua tempat, pasar, atau supermarket ada menjualnya. Namun, keterbatasan dalam mendapatkannya itulah yang membuatnya istimewa. Akan tetapi ada beberapa yang mudah didapatkan seperti buncis, kacang merah, dan kacang hitam.

Cara mengatasi  fisura ani, cukup mudah bukan? Hanya perlu memperkaya serat dalam wadah makanan. Apalagi nutrisi yang terkandung dalam buah, sayur, dan biji-bijian ini sangat tinggi gizinya. Namun, mencegah kondisi tersebut juga harus diselingi dengan beberapa hal. Minum air putih yang banyak. Berolahraga setiap hari. Kurangi stress agar anda tidak makan sembarangan.

Sumber artikel: alodokter.com