Banyak anggapan bahwa penggunana internet memberi keuntungan, namun ada juga anggapan bahwa internet memberi dampak buruk. Seperti sebuah pusau dengan dua mata dimana untuk mengakses internet selalu membutuhkan paket internet dalam kapasitas tertentu. Untuk itulah, dari penggunaan internet ini sebenarnya masih memberi manfaat secara luas, namun ada juga efek negatifnya.

Internet, Pedang Bermata Dua

Sejumlah anggapan bahwa internet memberi dampak buruk memang sudah banyak terbukti. Sayangnya, anggapan di masyarakat masih kurang dimaksimalkan kembali sehingga ada sisi positif dari penggunaan internet tersebut.

Internet Manfaat dan Kerugiannya

Dalam aktivitas sehari-hari bisa dipastikan pengguna internet selalu mengandalkan beberapa perangkat seperti smartphone ataupun PC komputer dan laptop. Hanya saja ada beberapa pemilahan antara keuntungan dan kerugian yang saat ini harus dicermati lebih mendalam. Jadi ada dua aspek penting yakni kerugian dan keuntungan sehingga akan kita ulas seperti berikut.

Keuntungan Internet
Pertama kita bahas soal keuntungan menggunakan internet, sehingga dari semua komponen dan potensi terbaiknya sudah bisa rasakan yakni mempermudah mencari informasi. Bahkan tidak ada batasan untuk mendapat informasi yang mana lebih cepat dan murah.

Selain itu penggunaan internet juga memberi manfaat secara luas terutama pada aktivitas komunikasi yang semuanya memberi akses terbuka dan seringkali membuahkan banyak manfaat secara tepat. Jadi ada beberapa sarana efektif yang berawal dari penggunana internet untuk mengkoneksikan banyak individu hingga akhirnya ada sejumlah poin penting agar penggunaan internet lebih sempurna.

Tidak hanya berguna untuk memberi akses informasi secara terbuka, akan tetapi internet juga mendorong sektor ekonomi. Banyak bukti sudah bisa dirasakan bagi pelaku bisnis karena mereka mengandalkan internet murah untuk bisa mendapatkan sarana pemasaran lebih luas. Dukungan internet di bidang ekonomi juga membuatnya masuk kategori bisnis modern yang nantinya berguna untuk menopang semua komponen pemasaran lebih tepat.

Beberapa manfaat lain juga bisa kita rasakan, salah satunya dari aspek penyimpanan data online hinga menggunakannya sebagai transaksi data lebih cepat, murah, dan sederhana.

Dampak Buruk Internet
Sekarang kita membahas soal dampak buruk internet yang mana sampai saat ini terus menjadi perdebatan. Pastinya istilah kecanduan internet hingga lupa waktu akibat internet menjadi dampak buruk yang banyak dirasakan di masyarakat. Memang penggunaan internet tidak dibatasi waktu dan tempat, sehingga dari jumlah pengguna akan terus bertambah sampai akhirnya beri pengaruh pada aktivitas sehari-hari.

Adanya konten berbau buruk juga menjadi penyebab kenapa internet dianggap tidak sehat. Bahkan dari pihak terkait sudah menggunakan cara seperti menutup beberapa situs website yang kemungkinan besar memberi dampak buruk bagi pengaksesnya. Beberapa kasus seperti cyber crime menajdi bukti bahwa internet bukan jadi hal baik yang nantinya memberi ancaman bagi pengguna lainnya.

Ketika seseorang terlalu lama memantau aktivitas internet, maka ada dampak kurang baik yang kemudian berdampak pada kesehatan mata dan fisijk. Mengatur waktu penggunaan internet adalah cara terbaik agar kesehatan mata dan tubuh tidak terganggu. Jadi ada beberapa konten kurang baik, kemudian bisa menjadi media penyebaran berita bohong ataupun kejahatan cyber akan membuat penggunaan internet tidak selalu baik.

Kebutuhan paket internet dari pengguna smartphone terus bertambah, sehingga ada kecenderungan pengguna internet makin bertambah, sehingga harus ada langkah-langkah lebih waspada yang kemungkinan besar bisa menyerang siapa saja. Lakukan pembagian waktu durasi penggunaan internet, kemudian cek kembali apakah konten yang Anda simak bermanfaat bagi diri sendiri bahkan bagi kesehatan mental dan fisik.