Memilih barang harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Hal serupa dapat kita lakukan ketika memutuskan akan membeli panel tenaga surya. Kualitas yang baik pada panel membuat kita dapat memanfaatkannya dalam waktu yang lebih lama. Jika kita memilih panel surya berkualitas buruk, panel tidak dapat kita gunakan dalam waktu lama dan sering mengalami kerusakan. Untuk menilai bahwa panel surya yang akan kita beli memiliki kecacatan atau tidak, kita dapat menelitinya secara pribadi.

Menilik dari rumah123.com, ada beberapa jenis kecacatan yang dapat dialami oleh panel surya. Kecacatan tersebut dapat kita teliti dan perhatikan secara pribadi. Salah satu kecacatan yang sering dialami oleh panel surya adalah panel yang pecah atau terkelupas. Jika kita menemukan panel surya yang mengelupas, ada jenis masalah yang berbeda yang akan kita alami. Kerusakan jenis ini dapat terjadi selama proses pembuatan panel surya.

Sebelum Beli Panel Tenaga Surya, Perhatikan Hal – Hal Berikut Ini

Kecacatan panel surya lainnya yang dapat kita lihat adalah goresan kaca yang terdapat pada modul surya. Kecacatan jenis ini sering terjadi pada panel surya. Hampir 70 % panel surya mengalami goresan pada bagian kacanya. Goresan pada kaca panel dapat terjadi akibat proses pembuatan yang tidak tepat. Jika panel surya mengalami goresan, degradasi output akan mendapatkan pengaruh yang cukup besar.

Goresan pada kaca yang tidak terlalu parah akan mempengaruhi naungan yang tidak terlalu parah. Jika goresan kaca terlihat cukup parah, lapisan anti refleksi akan mengalami gangguan. Tidak hanya anti refleksi, transmitansi cahaya juga akan mengalami masalah sehingga akan mengurangi kinerja dari panel surya. Catat ini harus diperhatikan dengan baik agar mendapatkan panel surya yang berkualitas.

Cacat lain yang dapat kita temukan pada panel surya selama penelitian pribadi adalah menemukan partikel eksternal pada panel. Partikel eksternal yang ada pada panel surya dapat berupa potongan kecil kawat, kain atau keberadaan serangga pada panel. Catat visual jenis ini dapat terjadi akibat kelalaian pabrikan selama pembuatan panel. Pabrikan biasanya mengabaikan beberapa prosedur pengecekan yang sederhana.

Keberadaan partikel eksternal tentunya akan mempengaruhi kinerja panel surya nantinya. Kinerja panel surya yang tidak signifikan menjadi salah satu dampak yang akan terjadi. Yang paling parah terjadi adalah kebakaran pada panel surya. Kerusakan seluruh sistem panel surya menjadi dampak parah lainnya yang dapat terjadi akibat keberadaan partikel eksternal yang ada pada panel surya.

Cacat-cacat fisik yang dapat kita perhatikan secara pribadi pada saat memilih panel surya dapat membantu diri sendiri guna mendapatkan panel surya yang berkualitas. Karena akan digunakan demi kepentingan pribadi, menemukan catat panel surya harus dilakukan dengan ketelitian yang tinggi. Cacat yang ditemukan secara visual akan berbeda dengan kerusakan pada sistem yang tidak dapat dilihat dengan menggunakan mata telanjang.

Untuk melakukan penelitian cacat panel surya secara pribadi, kita harus memiliki pengetahuan tinggi akan panel surya yang berkualitas. Tanpa pengetahuan tersebut, penilaian cacat panel surya tidak dapat kita lakukan. Karena itulah, kita harus mengenal dengan baik akan jenis panel surya yang  berkualitas sehingga dapat menilai apakah panel surya yang dinilai patut untuk kita gunakan atau tidak. Dengan penilaian kecacatan yang telah dijelaskan di atas, kita dapat menggunakan informasi tersebut sebagai paduan dalam menilai panel surya. Jika kita tidak menemukan kecacatan pada panel surya, kita dapat membeli panel surya tersebut tanpa harus dilanda keraguan.